Pilkada Secara Elektronik akan di Uji Coba di 3 Daerah Ini

Headline 728x90 Clean

pilkada elektronik

Pilkada Secara Elektronik akan di Uji Coba di 3 Daerah Ini

Tiga daerah akan dijadikan percontohan untuk pemilihan kepala daerah menggunakan teknologi pemilu berbasis elektronik atau e-voting pada 2018. “Tiga kabupaten itu adalah Bantaeng, Sulawesi Selatan; Empat Lawang, Sumatera Selatan; serta Boalemo, Gorontalo,” ujar Kepala Program Sistem Pemilu Elektronik BPPT Andrari Grahitandarnya, Selasa, 7 Juli 2015.

Hal ini disampaikan dia dalam kunjungan kerja Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir. Nasir meninjau penggunaan e-voting pada laboratorium Inovasi TIK Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknolobi, Serpong, Tangerang Selatan.

Menurut Andrari, pemilu elektronik lebih meningkatkan akurasi pemilih dengan verifikasi pemilih menggunakan KTP elektronik serta sidik jari. Dengan sistem elektronik, asas langsung, bebas, umum, dan rahasia juga masih bisa terpenuhi. “Kami sudah menerapkannya untuk pemilihan kepala desa di berbagai wilayah di Indonesia,” ucapnya.

“Basis data pemilu elektronik dengan menggunakan data kependudukan KTP elektronik, sistem pemilu elektronik ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain lebih cepat, akuntabel, akurat, dan dapat diaudit di tiap tahapannya,” tuturnya.

Mau dapat Video pelajaran Bisnis Bernilai Puluhan Juta Rupiah Gratis? Yuk Daftar Free Membernya Disini -> Klik Disini ya!

Headline 728x90 Clean